Minggu, 13 Oktober 2013

Panggilan Cinta

"Mbak, ini sms siapa?" Fina membuka pesan di hpku yang bertuliskan umma.

"Oh, emak" jawabku.

"Kalau yang ini?" dia menunjukkan inbox atas nama buya.

"Bapak. Kenapa?"
"Kompak banget. Dua-duanya sms Lu pake nduk."

Kutengok lagi isi pesan bapak dan emakku.
Buya: Iya ndok
Umma: Iya nduk.

Selama ini memang aku maupun orang tua sering mengirim kabar atau bertanya via sms ketika berjauhan. Entah kenapa, sepertinya sms lebih nyaman.

Dan panggilan-panggilan semacam Nduk, Nak dll sama Sekali tak menjadi perhatianku.

Dan ketika Fina protes kepada bapaknya aku terdiam,
"Pak, Pakde sama Bude sms Mbak Pita aja pake Nduk. Pina perasaan nggak pernah dipanggil nduk."
Bapaknya yang juga paklekku hanya diam dan senyum. Begitu juga buleku.

Emak aku senyum, "Bude jarang manggil Pit atau Pita. Ya sama aja Nduk. Bude juga kalo manggil kamu, manggil Mbak Pen, manggilnya Nduk juga. Ya sama aja."

Dan aku jujur, jadi mikir.
Selama ini, panggilan Nduk memang akrab sekali di telingaku. Sampai aku nggak sadar bahwa itu adalah panggilan cinta. Aku tak dapat membedakan ketika keduanya memanggilku dengan sebutan Nduk atau langsung namaku. Karena aku tahu, tanpa dipanggil nduk pun mereka pasti menyayangiku.

Hanya saja, aku merasa sangat disayang, diperhatikan, ketika bapak marah-marah karena aku telat sms. Telat memberi kabar. Sampai sms,
"Ya Allah nduk... kamu tuh seneng banget sih bikin orang tua panik."
Bahkan dalam keadaan mereka marah, sekalipun. Itulah tanda cintanya.

Tapi... aku tau kok. Cinta itu diekspresikan dan dinyatakan dengan banyak cara.
Tidak melulu dengan panggilan sayang atau semacamnya. Cukup sikap tanpa kata. Atau panggilan-panggilan unik semacamnya.
Bahkan ketika mereka sedang marah, begitulah ekspresi dari kecintaannya.
Jujur aku sih seneng aja. Berarti kan mereka sayang. Tapi cemberut juga si kalau diomelin, abiiis kan yang salah bukan aku, tapi jaringan. Jadi smsnya telat masuk. ATau aku telat memberi kabar.
Semenjak itu, aku suka wanti-wanti deh, kalau perkiraan nggak ada jaringan, lebih baik dikabari lebih awal. Atau pinjam hp temen buat memberi kabar.

Apapun caranya, itulah bukti cintanya :)

Jannaty, 23:31 WIB
3 Rajab 1434 H
13 Mei 2013 M

Tidak ada komentar: