Rabu, 16 Januari 2013

Perawan Tengik

Kalau Kugy dan Keenan punya “radar neptunus” buat memancarkan signal. Aku dan Omah punya sandi rahasia yang selalu bikin kami ngikik ketawa. Setiap sandi itu muncul, secara serempak bak koor terkomando, tawa kami membahana.




Omah bernama lengkap Dwi Rohmayanti. Bukan anak presiden, bukan anak pejabat, kyai atau menteri. Tapi dia punya kharismatik sendiri. Bersamanya duniaku berubah. Seperti memasuki dimensi lain yang hanya ada aku dan dia. Dia anak yang supel, energik and nyambung banget diajak ngobrol. Kita biasa ngobrol bareng, jalan bareng dan diskusi. Oya dia juga sainganku waktu Tsanawiyah dan Aliyah dulu. Lagi-lagi, aku yang kalah. Dia selalu menjadi nomor satu dan aku yang kedua. But its fine. Kami tetep bareng-bareng dalam banyak hal. Sampai hoby kami pun sama. Bersamanya, 24 jam rasanya kurang. Selalu ada tawa tak henti  yang menemani kami. Wah untuk Omah ini pokoknya klop banget deh. Bahkan sempet mikir, asik banget kalau punya suami yang klop kayak gitu, plus punya hoby yang sama pula.

Dewi n Dwi
Sandi pertama. Ssssst, inget ini rahasia. Hanya diberikan untuk agen terpercaya yang sudah aku lantik. Kalau Kugy punya gantungan “K” buat para agennya. Sayang, untuk agen kami belum punya simbol apa-apa. Kagak ada modal. Haha. Lebih tepatnya sih, agen amatir, belum seprepare Kugy dan Keenan. Eh, by the way kamu kenal Kugy nggak? Kalau belum, tonton atau baca aja buku “Perahu Kertas” nya Dee ya. Kugy itu kembaran aku, hehe. Cuek, apa adanya, simple dan sederhana. Kugy selalu punya radar sakti yang signalnya tak diragukan. Nah, kami punya sandi rahasia yang mujarab buat obat bete, bunyinya “ Eeet Dah”

Eeet dah berawal dari pak Ardi. Yang sering nyelipin kata eeet dah apapun kalimatnya. Apapun yang ia bicarakan, si eeet dah nggak pernah ketinggalan. 

“Eeet dah, dari kemaren kemana bae ya.” “Eeet dah, wayah gini baru dateng.” “Eeet dah perut laper amat ya.” “Eet dah lu mah neng konci aja pake ketinggalan.”
 “eet dah si Dwi liat tuh bajunya gede amat ya” wkwkwkwk. Satpam Betawi tulen itu berhasil bikin Omah ngakak. Dikit-dikit ngomong eet dah, sebentar-sebentar komentar eeet dah.

 Dan setiap kali berbicara dengannya, Omah selalu nyelipin kata eeet dah sebagai partner ngomong yang supel. “Eeet dah, saya lupa Bang.” “Eeet dah, biarin napah Bang.” Haha. Nah, pas Omah ceritain eeet dah nya pak Ardi ke aku, serempak kami ngakak. Tiap kami ngobrol, terus ada yang nyeletuk  eeet dah khas betawi dengan intonasi sedikit ditekan, otomatis bete pun ilang. Hehe, Pak “Eeet dah” makasih ya buat sandi mujarabnya. Hiduuup eeet dah!. 

Haha. Eeet dah apa bae dah ditulis, si Pita :D

Sandi kedua. 

Sandi ini kami temukan di kutub Selatan. Ahad, 13 Januari 2013. 

 “Omah bangun, shubuh! Udah jam berapa ini.”
Mata kami mengerjap. Jam lima lewat. Ketukan pintu terdengar lagi, kali ini lebih keras. Omah segera bangun sholat shubuh diikuti aku.Setelah selesai, aku nanya, 
“ Mah, tadi emak Lu ngomong apa pas ngetok pintu?” 

“Kagak, cuma bangunin shubuh doang.”

“Bukan, bukan yang itu. Ada lagi.” Aku coba mengingat-ngingat kalimat terakhir ibunya yang terdengar samar. 

“Oh, tadi bilang ‘bangun, shubuh! Biarin dah sholat-sholat, kagak-kagak’” Omah nyengir. Aku ikut nyengir, ungkapan putus asa dari seorang ibu. Memang hari sebelumnya kami terlalu kelelahan sampai shubuh pun perlu dibangunkan. Aku jadi malu sendiri. Teringat ucapan bu e si Azzam KCB,
 “Ibu pokoknya ndak setuju. Wong di rumah orang saja sudah nekat bangun siang. Gimana di rumahnya sendiri. Jam 7 pagi belum bangun. Pagi-pagi kok tidur. Rejekine dipathuk ayam.” Ah, suara bu e Azzam yang njawani dan lembut masih selalu terekam di otakku. Menjadi obat ampuh bagi gadis di era global seperti aku. 

“Itu mah mending, Pit. Biasanya nenek gue kalo bangunin nih, kalo gue jam 9 pagi belom bangun, gedor-gedor pintu sambil bilang begini, ‘heh bangun! perawan tengik wayah gini belom bangun’.” Kontan nggak pake kredit aku ngikik. Kalimat neneknya ringan tapi nampol banget.

 “Apaan, Mah? Perawan tengik?” haha. Keren banget tuh nenek Lu” Kami tertawa serempak. Julukan perawan tengik emang pas banget buat dia. Eh, salah ding. Buat gadis manapun yang jam 9 pagi belum bangun. Ah, celetukan-celetukan seperti itu memang sangat dibutuhkan. Biar nggak jadi perawan basi, melempem alias TENGIK. Haha :D

Hello perawan tengik? Malu dunk sama ayam bangunnya kesiangan :p

Sebelum ashar, tepatnya setelah kami ngebolang dari TMII, aku melihat langsung sang nenekku pahlawanku itu. Kutaksir usianya sekitar 70 tahun. Nenek dari bapaknya Omah. Dia banyak berbicara dan bertanya dengan kami. Suaranya jelas. Postur tubuhnya tinggi dan keriput tentunya. Respon beliau dari setiap obrolan kami juga baik dan lugas. Aku jadi teringat dengan nenek-nenek lain yang pernah aku jumpai. Rata-rata yang usianya seperti beliau, bersuara kurang jelas dan responnya kurang baik, kita bilang A beliau jawab B. Nah, untuk nenek Omah ini sang pencetus “Perawan Tengik” beda. Aku langsung bertanya ke Omah,
 “Mah, nenek lu masih seger.” Omah cuma nyengir. “Rajin baca qur’an ya?” 

“Iya, Pit. Puasanya juga rajin. Nggak pernah ketinggalan.”

 “Oh pantes. Senin Kamis?” 

“Iya, sunnah yang laen juga sering.” Aku ngangguk-ngangguk. Tak heran, sering guruku bilang tentang hal ini. Orang yang rajin baca quran, di masa tua biasanya nggak kena pikun. Aku jadi malu sendiri. Semangat mudanya lebih berkobar dibanding usianya. Benar-benar sosok teladan.

“Gue besok mau puasa ah” Omah nyeletuk. 

“Masih punya utang nggak lu?” tanyaku. Dia nyengir.

Dalam hati aku niat, insya Allah besok Senin aku akan puasa. Dan Omah adalah partnerku menuju lebih baik bersama. Fastabiqul khoirot. Masa-masa di pondok bisa kita ulang bahkan kita ukir menjadi lebih baik lagi. Omah, lets grow up together ^^

Ups! Cukup segitu asal usulnya sandi kedua. Perawan Tengik. Nah, setiap sandi itu terlontar dari aku atau Omah, otomatis serentak kami tertawa. :D

Huft, hidup. Indah banget ya ^^. Diukir dengan ujian, air mata dan canda tawa. Semua adalah tarbiyah-Nya jika bisa disikapi dengan sebaik-baiknya. Kullu syai-in hikmah. Segala sesuatu itu memiliki hikmah.
Jangan pernah takut, jangan pernah risau. Allah tak pernah membiarkan kita sendirian. Dia menganugerahkan Al quran dan Al Hadits sebagai kompas kehidupan. Dilengkapi dengan keluarga, kerabat dan handai taulan. Semua, titipan-Nya. Sikapi dengan sebaik-baiknya. Fabiayyi aalaa-i Robbikumaa tukadzdzibaan? Nikmat Tuhanmu yang mana lagikah yang pantas engkau dustakan? J

Sebelum ditutup. Praktikkan ini dulu. Jari telunjuk kanan dan kiri, tempel di atas kepala. Terus gerakkan ke atas dan ke bawah. Sambil ngangguk-ngangguk kayak antena semuuut ^^ Radar planet biru begitu. Agennya si “D”. Dewi Mafita Sari and Dwi Rohmayanti. ^_^


Eeet Dah, Perawan Tengik. (Aku yakin, saat ini kami teertawa di tempat berbeda) :D

V
Pinggir Danau TMII
13:05 WIB
Ahad, 13 Januari 2013

Jannaty, 22:31 WIB
Senin, 14 Januari 2013 M
1 Rabiul Awal 1433 H







2 komentar:

miyosi mengatakan...

lucuuuuuuuuuuuuu

Anonim mengatakan...

Hihi...

Jadi malu, ketauan deh :D